Minggu, 06 April 2014

Kesaksian Pemakai Kulit Manggis: PENDERITA DARAH TINGGI



Kuryati, wanita berusia 61 tahun, warga Jatiwaringin, Bekasi menjadi pasien rutin salah satu klinik kesehatan sejak tahun 2001. Ia memeriksakan tekanan darahnya ke dokter setiap dua minggu sekali. Pengecekan tekanan darah harus rutin ia lakukan karena nilainya senantiasa berada di atas angka normal, 120/80 mmHg.



Pada bulan Oktober 2011, tekanan darah Kuryati mencapai 180/100 mmHg sehingga ia sering merasa pusing dan pegal di bagian tengkuk. Sebagai upaya untuk meringankan rasa pusingnya, ia mengonsumsi obat pereda sakit namun bila dirasa tidak membaik, ia segera pergi ke dokter.



Menurut guru besar Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof. Dr. dr. Endang Susalit SpPD, hipertensi merupakan salah satu penyakit akbibat gangguan sistem sirkulasi darah

Pada penderita hipertensi gejala pusing terjadi karena adanya sumbatan aliran arah dalam pembuluh darah otak oleh timbunan lemak alias aterosklerosis sehingga otak kekurangan oksigen karena jumlah darah yang mengangkut zat asam itu berkurang.



Pada kenyataannya Kuryati tidak gemar makanan dengan bahan daging. Menurut Guru Besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Dr dr Sidartawan Soegondo SpPD, dalam tubuh kita lemak tidak selalu berasal dari makanan berlemak seperti daging. Makanan dengan tingkat karbohidrat tinggi juga member kontribusi akan terjadinya timbunan lemak dalam tubuh kita. Karbohidrat ini termasuk salah satu sumber energy maka jika kita mengonsumsi keduanya dalam jumlah yang berlebihan namun kita kurang melakukan aktivitas maka tubuh kita akan mengubahnya menjadi lemak dan akan menyimpannya sebagai cadangan energi.



Dikarenakan usianya yang tidak muda lagi, aktivitas Kuryati memang berkurang sehingga ia sangat rentan mempunyai kadar lemak darah tinggi yang berakibat hipertensi. Dalam setiap konsumsi makanan akan menyisakan energy yang akan tersimpan dalam bentuk lemak termasuk juga pembuluh darah. Orang yang berusia lanjut, dinding pembuluh darahnya akan mengalami penebalan sehingga  akan menjadi kaku. Sebagai akibatnya, pembuluh darah tidak bisa mengembang pada saat jantung memompa darah. Selanjutnya tekanan di pembuluh darah pun akan melambung.



Pada penderita hipertensi, tekanan darahnya harus dikendalikan agar tidak mengakibatkan komplikasi. Apabila terjadi penyumbatan pembuluh darah pada otak, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah di otak pecah atau kita kenal dengan istilah ‘stroke’. Bila penyumbatan terjadi pada pembuluh darah jantung, maka penderitanya dapat mengalami serangan jantung dan dalam jangka panjang dapat merusak ginjal serta pecahnya pembuluh darah di retina yang dapat mengakibatkan kebutaan.

Menyadari bahayanya hipertensi, begitu ia merasakan pusing, ia segera memeriksakan dirinya ke dokter. Dokter memberikan obat penurun tekanan darah sebagaimana umumnya. Kuryati mengonsumsi obat tersebut sesuai dengan dosis yang dianjurkan secara teratur. Kenyataannya, setelah obat tersebut habis, biasanya tekanan darah kembali naik, demikian seterusnya.  Pada bulan Oktober 2011, Kuryati diberikan jus kulit manggis oleh salah seorang kerabatnya.



Karena selama ini ia mengonsumsi obat kimia dan itupun tidak memberikan kesembuhan total kepadanya, maka tanpa ragu-ragu ia segera mencoba mengonsumsi jus kulit manggis tersebut sebagai obat herbal. Sejak saat itu ia mulai rutin  mengonsumsi jus kulit manggis 2 kali sehari dengan dosis sekali minum sebanyak 30 ml. Selanjutnya, ia tidak lagi mengonsumsi obat penurun tekanan darah. Setelah mengonsumsi 6 botol jus kulit manggis yang berisi 350 ml setiap botolnya, ia mulai merasakan manfaatnya.



Pemeriksaan terakhir pada pertengahan bulan Desember 2011 memperlihatkan tekanan darah Kuryati turun menjadi 150/100 mmHg. Memang disadarinya, tekanan darah tersebut masih diatas angka normal, namun ia tetap berharap angka tersebut akan terus turun dengan tetap rutin mengonsumsi jus kulit manggis.



Sumber: http://manfaatkulitmanggis.com/testimonial/testimoni-penderita-darah-tinggi//




Kontak Peluang Usaha:


Alamat: Jl. TB Suwandi Serang, Banten, Indonesia
Info SMS : 082112656518


Web :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar